Jumat, 02 Maret 2012

NUTRISI TERBAIK UNTUK TURUNKAN KOLESTEROL

Kolesterol adalah senyawa lemak yang ada dalam darah. Kadar kolesterol normal 160-200 mg, jika sudah diatas 240 mg bisa menyebabkan stroke.

Kolesterol ada 2 jenis yaitu :

1. High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik yang tidak mengendap di arteri dan melindungi pembuluh darah dari proses Aterosklerosis (terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah).

2. Low Density Lipoprotein (LDL) atau Kolesterol jahat menyebabkan pengendapan di arteri yang bisa memicu penyakit jantung atau stroke.

Berikut beberapa makanan terbaik yang bisa menurunkan kolesterol jahat, seperti dilansir timesofindia, Selasa (14/2/2012):

1. Gandum
Gandum dikenal sebagai makanan penurun kolesterol. Dua porsi gandum dapat menurunkan LDL (kolesterol jahat) sebesar 5,3 persen hanya dalam 6 minggu. Pada dasarnya gandum mengandung zat yang disebut beta-glucan yang dapat menyerap kolesterol jahat.

2. Ikan salmon
Ikan salmon banyak mengandung asam lemak omega-3 yang membantu menjaga kondisi jantung tetap baik dan menjauhkan risiko serangan jantung, kadar kolesterol tinggi, stroke dan meningkatkan kolesterol baik sebesar 4 persen.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan adalah cara terbaik untuk mendapatkan lemak sehat yang diperlukan tubuh Anda tanpa merasa bersalah. Karena lemak yang berasal dari kacang yang alami dan tidak diproses secara kimiawi, dapat membuat jantung sehat, mengenyangkan dan pilihan bergizi.

4. Teh
Teh memiliki antioksidan dan kafein yang lebih rendah daripada kopi. Secangkir kopi mengandung sekitar 135 mg kafein, sedangkan teh hanya mengandung 30 sampai 40 mg per cangkir. Teh membantu dalam melindungi tulang karena kehadiran phytochemical di dalamnya. Ini juga merupakan pertahanan besar terhadap kadar kolesterol jahat LDL.

5. Bayam
Bayam mengandung 13 senyawa flavonoid yang menjauhkan dari risiko kanker, penyakit jantung dan osteoporosis.

6. Minyak zaitun
Minyak zaitun ini memiliki banyak manfaat kesehatan. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida, tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

7. Buah delima (pomegranate)
Buah delima adalah antioksidan super yang membantu menjaga tubuh terhadap kerusakan akibat radikal bebas karena faktor metabolisme dan lingkungan. Menurut buku Cholesterol Cures, jus delima dapat memperlambat proses oksidasi kolesterol LDL (Low Density Lipoprotein atau kolesterol jahat) sebanyak 40 persen, dengan demikian menurunkan penumpukan dalam darah dan arteri.

Buah delima juga kaya akan polifenol, yaitu flavonoid yang hadir sebagai pengecil kolesterol umum seperti yang terdapat pada teh hijau.

1 komentar:

  1. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    kekurangan kita bukanlah sesuatu yang buruk .,..
    jadikanlah kekurangan kita sebagai kelebihan kita.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus